Apakah Anda penasaran dengan apa yang harus dilakukan ketika paket hilang? Atau bahkan pernah mengalaminya, tetapi tidak tahu apa yang harus diusahakan? Agar hal itu tidak terjadi lagi, ada baiknya untuk membaca informasi berikut ini.

paket hilang
Hal yang perlu Anda lakukan ketika paket hilang. Sumber: pexels.com

Baca juga :

Perbedaan Angkutan Antarmoda dan Multimoda

Alasan Paket Hilang

Ada banyak sekali hal yang akan terjadi ketika proses pengiriman barang berjalan. Salah satu di antaranya adalah paket atau barang yang dikirim menghilang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor atau alasan. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya secara umum, antara lain:

Salah Alamat

Pertama adalah kemungkinan paket dikirim ke alamat yang salah. Hal ini bisa saja berasal dari kesalahan pengirim maupun kurir. Kesalahan pengirim berupa penulisan alamat yang tidak lengkap atau salah eja, hingga salah nomor rumah. Jadi, tulislah alamat yang jelas dan lengkap ya!

Sedangkan kesalahan kurir berupa salah membaca alamat yang sudah dituliskan oleh pengirim. Mungkin saja itu karena nama jalan yang serupa atau bahkan sama.

Paket Hilang karena Label Terlepas

Label pada paket bisa saja terlepas karena mungkin kurang merekat atau rusak akibat sering bergesekan dengan paket yang lainnya. Hal ini menjadikan kurir akan merasa kesulitan untuk mengantarkan paket ke lokasi tujuan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pengiriman pastikan label sudah merekat dengan baik. Jika tidak bisa merekat, maka Anda bisa melapisi kemasan dengan menggunakan kertas timah.

Peraturan Pabean yang Berbeda

Beberapa barang membutuhkan dokumen khusus untuk bisa diangkut ke negara tertentu. Jika salah satu dokumen tidak terpenuhi, maka paket tidak akan bisa dikirim ke tempat penerima. Maka dari itu, pelajari dan siapkan dokumen yang lengkap!

Paket Hilang Dicuri

Adapun kasus di mana paket menghilang dengan alasan dicuri, baik itu di jalan maupun di depan rumah.

Hal yang Harus Dilakukan

Jika paket menghilang, Anda harus melakukan tindakan dengan cepat agar bisa segera ditemukan atau teratasi. Memangnya apa saja hal yang bisa dilakukan? Berikut ini adalah penjelasannya, antara lain:

Hubungi Pengirim

Cara pertama adalah hubungi pengirim untuk memastikan apakah mereka memang sudah mengirimkan paket atau belum. Selain itu, cara ini juga berguna agar Anda bisa mendapatkan barang pengganti baik itu berupa uang atau barang yang dipesan sebelumnya. Ini akan terjadi jika pengirim adalah perusahaan yang mapan.

Baca juga :

3PL Third Party Logistic: Pengertian dan Cara Kerja

Ajukan Klaim Pada Operator

Selanjutnya Anda perlu mengajukan klaim pada operator atau jasa pengirim. Namun, cara klaim ini pastinya berbeda antara perusahaan. Jadi, Anda perlu memahami bagaimana prosedur masing-masing. Namun, ini bisa berlaku jika Anda mengasuransikan paket yang dikirim.

Lapor ke Polisi

Terakhir, Anda bisa melaporkan paket yang hilang ke kantor polisi terdekat. Walaupun tidak bisa berbuat banyak, tetapi mereka akan mencatat kejadian tersebut dan mengambil tindakan agar tidak berulang kembali.

Jika kasus semakin meningkat di lingkungan tersebut, maka polisi akan membuka penyelidikan. Selain itu, pengajuan laporan ke polisi ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan klaim asuransi.

Beberapa poin tersebut bisa membantu Anda untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan ketika paket hilang. Jadi jika itu terjadi lagi, langsung saja aplikasikan cara yang sudah dijelaskan di atas ya!

Referensi:

Easyship.com. When Porch Pirates Strike: Steps to Take When Packages Are Lost or Stolen. [Internet]. Terdapat pada: https://www.easyship.com/blog/how-to-handle-lost-and-missing-packages#is-my-package-lost-or-stolen

Shipstation.com. 2022. What To Do About A Damaged, Stolen, or Lost Package. [Internet]. Terdapat pada: https://www.shipstation.com/blog/dealing-with-damaged-or-lost-packages/